Cabai (Cabe) Alternatif Pilihan bumbu pedas bagi pecinta sambal di perancis

Cabai: Inilah Alternatif Bumbu Pedas bagi Pecinta Sambal di Perancis

Cabai dan Beberapa Alternatif Pengganti Cabai sebagai Bumbu Pedas

Cabai (cabe) segar tidak selalu mudah ditemukan di Perancis ya. Bagi kamu yang kangen makan pedas, tapi sulit mencarinya, berikut ini bumbu pedas pengganti cabai yang bisa di temukan dengan mudah di supermarket Perancis. 

Jenis-Jenis Cabai:

1. Cabai Thailand

Cabai segar  ini di import dari Thailand. Mirip cabai rawit kita di Indonesia. Bisa ditemukan di GrandFrais, toko Asia dan pasar Tradisional Arab.

2. Purée de Piment (Sambal Oelek)

Dari namanya bisa di tebak kalau  produk ini dari Belanda ya. Sambal ulek, komposisinya layaknya sambal Indonesia: cabai, bawang putih, dan lain-lain. Bisa di temukan di supermarket dan toko asia. Klik untuk membeli sambal eolek http://ebay.us/X1LKtO

3. Harissa

Cabai (Cabe) Alternatif Pilihan bumbu pedas bagi pecinta sambal di perancis
Harissa. Doc: Image par Pixi0815 de Pixabay


Sambalnya orang Marokko dan Tunisia nih. Terbuat dari paprika merah bakar, paprika Baklouti, bawang putih, caraway, ketumbar, jinten dan olive oil.
http://ebay.us/IgGDyU

 

4. Gochujang

Bagi pencinta drama Korea, pasti tidak asing  dengan cabai khas Korea ini ya. Gochujang adalah  pasta cabai dari Korea. Rasanya pedas, asin manis. Terbuat dari bubuk cabai, tepung ketan, garam dan meju powder (kedelai yang di fermentasi). Bisa ditemukan rayon khusus asiatique dan di toko asia.
Untuk membeli Gochujang: http://ebay.us/gCwgVi

5. Cabai Kering

 

Cabai (Cabe) Alternatif Pilihan bumbu pedas bagi pecinta sambal di perancis
Doc: Image par Steve Buissinne de Pixabay


Yaitu cabai rawit atau cabai merah kering (Khas Korea) bisa menjadi pilihan saat cabai segar tidak ada. Cara menggunakannya cukup dengan merendam cabai kering di air panas, tiriskan airnya, lalu gunakan seperti cabai segar. Bisa di ulek ataupun di blender dengan bumbu masak lainnya. cabai kering merupakan pilihan hemat dan bisa disimpan di dapur cukup lama.
Baca juga: Tempe: Resep Membuat Tempe Sendiri di Perancis

6. Cabai Bubuk

Cabai bubuk bisa ditemukan di supermarket dan toko asia/ pasar tradisional. Ada pilihan tingkat kepedasannya juga. Fort, medium dan doux.
Untuk membeli cabai bubuk: http://ebay.us/s2GIDp

7. Paprika Merah Segar

Paprika merah bisa menjadi pengganti cabai, meskipun tidak pedas namun kita bisa mendapatkan tekstur mirip cabai merah giling. Kreasikan  dengan cabai rawit di tambah paprika, jadi dapat pedasnya dan dapat tekstur cabai merah. Dianjurkan di cacah dengan hacoir agar teksturnya tetap kasar seperti dari ulekan cabai. 

8. Piment doux (Cabai Merah Besar)

Cabai ini bebih besar dari cabai Indonesia. Jika di campur dengan macam-macam jenis cabai, bisa mengobati rindu sambal juga lho. Piment doux bisa ditemukan dengan mudah di supermarket terdekat, pasar tradisional, dan toko asia.

9. Tanam Cabai Sendiri

 

Cabai (Cabe) Alternatif Pilihan bumbu pedas bagi pecinta sambal di perancis
Tanaman Cabe. Doc: Image par DeltaMike de Pixabay


Jika kamu punya halaman yang cukup, ada baiknya menanam cabai sendiri. Bisa beli bibit cabai online. Lalu semai di pot dan tutup dengan plastik film dan lubangi. Jika mulai bertunas, setinggi 10 cm, pindahkanlah ke pot yang lebih besar.

Usahakan tanam beberapa pohon agak bisa saling membuahi dan letakkan di luar rumah. Sekitar 2 bulan kita akan bisa memetik hasilnya. Tanam mulai dari musim semi. Tanamlah sebanyak mungkin, sesuaikan dengan pekarangan yang ada. Karena hasil panen cabai bisa  diawetkan dengan cara dibekukan atau dikeringkan. Pilihan lainnya, kamu bisa masak menjadi sambel dan awetkan di botol yang sudah disterilkan. Caranya mirip seperti membuat selai buah.  Silahkan tulis di kolom komentar jika kamu ingin tahu tentang cara mengawetkan sambal di botol dengan baik dan tahan lama ya.

Untuk membeli bibit cabai online:  http://ebay.us/OnEn4R

Berbagai Tempat Membeli Cabai:

1. Supermarket

Banyak supermarket di Perancis yang menyediakan produk segar seperti cabai. Ada rayon khusus ‘epicerie d’ici et ailleur’ atau ‘epicerie du monde’. Kamu bisa mendapatkan cabai segar, paprika merah, bubuk cabai dan harissa.

2. Toko Asia

Hampir setiap kota besar di Perancis memiliki toko Asia yang menjual bahan makanan khusus orang Asia dan kadang orang Afrika juga. Jadi banyak pilihan cabai dan bumbu pedas lainnya di sana.

 

3. Pasar Tradisional Arab

Pasar tradisional ini biasanya bisa ditemukan seminggu sekali di tiap kota. Di pasar yang harga barangnya biasanya jauh lebih murah dibanding supermarket ini, selalu ada pilihan cabai segar. cabai, paprika, cabai bubuk, dan bahkan bumbu-bumbu bubuk lainnya. Dikemas dalam sachet plastik per 100 gram atau di botol.

4. Belanja Online

Jika kamu mau praktis, bisa membeli secara online. Di link yang saya tulis di atas ada banyak pilihan cabai dan bumbu yang bisa kamu beli secara online di eBay. Jika kamu ikut komunitas atau group Facebook, sering kali juga ada sesama member yang berjualan bumbu, ini juga bisa jadi pilihan.

Itulah beberapa alternatif bumbu pedas pengganti cabai yang bisa kamu pilih. Silahkan di coba untuk tau apakah cocok dengan lidah kamu. Juga beberapa pilihan tempat berburu cabai ya.
Selamat mencoba.

Baca juga: Kirim / transfer uang ke Indonesia, inilah Tiga Cara Mengirim Uang ke Indonesia.

 

Disclosure: Saya berkewajiban memberitahukan bahwa di artikel ini terdapat beberapa link affiliasi dengan eBay, dimana jika Anda mengklik link tersebut akan diarahkan secara otomatis ke website eBay. Setiap pembelian saya akan mendapatkan sedikit komisi  dari eBay.

One thought on “Cabai: Inilah Alternatif Bumbu Pedas bagi Pecinta Sambal di Perancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin