Tips Tetap Konsentrasi selama kursus menyetir

Tips Konsentrasi Selama Kursus Menyetir

5 Tips untuk Tetap Berkonsentrasi Selama Leçon Conduit (Kursus Menyetir)

Tips Tetap Konsentrasi selama kursus menyetir
Source: Pexels

Hallo guys, 

Apakah kamu sulit berkonsentrasi selama 1-2 jam pelajaran menyetir? Belum lagi stress selama menyetir di jalan raya. Bagi murid yang baru belajar menyetir biasanya akan cepat hilang konsentrasi, karena capek ya harus fokus di jalan sambil mendengarkan arahan moniteur. Harga kursus per jam itu mahal, sekitar 40-55 euro/ leçon. Jadi kalau kamu hilang konsentrasi, akan sangat sayang uang terbuang begitu saja. Yuk, simak 5 tips agar tetap fokus selama leçon conduite berikut ini:

 

1. Persiapkan Diri Sebelum Kursus Menyetir


Sehari sebelum jadwal kursus, usahakan tidak begadang. Agar besok paginya kamu bangun dengan segar, dan siap menerima pelajaran. Dengan begitu badan yang segar, bisa tetap konsentrasi selama berada di belakang stir.

2. Datang Lebih Awal ke Auto Ecole

Tips Tetap Konsentrasi Selama Kursus Menyetir
Source: pexels-energepiccom

Datanglah lebih awal sekitar 10 menit, supaya ada waktu untuk menenangkan diri. Kadang ada yang harus dibayarkan, atau ada informasi juga di bagian adminstrasi. Kalau datang on time, apalagi telat, kamu bisa tergesa-gesa, dan panik saat di dalam mobil. Dan itu akan kelihatan selama menyetir.


3. Selingi Jam Kursus dengan Belajar Memarkir (Faire des Manouvres

Setelah 30 menit atau 1 jam, saat kamu mulai merasa hilang konsentrasi, ajukan  ke moniteur untuk praktek memarkir mobil. Jadi kamu akan diarahkan masuk ke area parkir, dimana arus lalu lintas sepi, sehingga  bisa ganti suasana. Moniteur kamu juga akan mengetahui saat kamu mulai hilang konsentrasi dan kapan kamu butuh ganti suasana. Jadi jangan ragu ajukan melakukan praktek memarkir ya.

4. Lakukan pause

Tips Tetap Konsentrasi Selama Kursus Menyetir
Source: pexels-andrea-piacquadio

Menyetir memang butuh konsentrasi, otak , mata , tangan dan kaki bekerja sekaligus. Jadi sangat wajar jika masih baru akan hilang konsentrasi. Salah satu cara mengatasinya adalah minta pause sejenak. Usahakan keluar dari mobil, ambil angin segar. Bisa juga dengan melakukan verification interior , menjawab pertanyaan tentang interior dan exterior mobil. Verification mobil adalah salah satu bahan ujian permis nantinya. Jadi manfaatkan untuk latihan dengan moniteur kamu.

5. Conduite Commentée

Conduite commentée adalah menyetir sambil berkomentar. Usahakan lakukan dalam hati saja. Karena tidak semua moniteur akan membiarkan kamu agak cerewet sambil nyetir , hehe.
Maksudnya apa? Maksudnya selama di jalan, kamu komentari apa saja yang ada di depan kamu dan apa yang harus kamu lalukan.

Tips Tetap Konsentrasi Selama Kursus Menyetir
Source: pexels-selim-çetin


contohnya:
 jika di depan ada zebra cross : “ok di depan ada zebra cross, aku harus turunkan kecepatan. Aku akan cek ke kiri dan ke kanan. Aku cari apakah ada pejalan kaki yang mau menyebrang.” dst.
Dengan begitu kamu akan tetap fokus dan tetap waspada akan bahaya yang mungkin ada di sekitar kamu.

Nah, itulah beberapa tips untuk tetap konsentrasi selama kursus menyetir yang kamu bisa praktekkan nantinya. Yang penting juga tetap tenang ya selama kursus. Dan banyak latihan. Semoga sukses dengan kursus menyetir kamu selanjutnya.

2 thoughts on “Tips Konsentrasi Selama Kursus Menyetir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin