Erfika Diaspora Indonesia di Perancis, sukses membangun channel YouTube Berkat Ketekunannya

Erfika Bordes Sukses dengan Vlog YouTube “Diary MADAME BORDES”

Erfika Diaspora Indonesia di Perancis, sukses membangun channel YouTube Berkat Ketekunannya

Erfika  Diaspora Indonesia di Perancis, Sukses Membangun Channel YouTube Berkat Ketekunannya

Erfika seorang diaspora Indonesia asal Manado membuat channel YouTube tentang kesehariannya di Perancis. Yuk, kenal Madame Bordes lebih dekat.

1. Siapakah Erfika?

Erfika Diaspora Indonesia di Perancis, sukses membangun channel YouTube Berkat Ketekunannya
Erfika dan Suami. Source: Doc Pribadi Erfika

Erfika Janifer Bordes adalah orang di balik  channel youtube “Diary MADAME BORDES”. Wanita asal Manado ini memulai channel ini sejak tahun 2016

Kini tinggal di kota Limoges, Perancis kesibukannya sehari-hari adalah sebagai ibu rumah tangga dan menjalani formasi/kursus dari pemerintah, mirip dengan program PraKerja yang sedang ramai di Indonesia ya.

2. Alasan Membuat Channel YouTube “Diary Madame Bordes”?

Erfika Diaspora Indonesia di Perancis, sukses membangun channel YouTube Berkat Ketekunannya
Erfika, Suami dan Charlotte anaknya. Source: Doc pribadi Erfika.

Ibu  dari Charlotte ini  memanfaatkan youtube untuk memberi kabar kepada keluarga dan  sanak saudara di tanah airnya Indonesia. Namun banyak netizen lain juga yang tertarik akan vlog Diary MADAME BORDES ini. Hingga kirim ia telah mempunyai 3.260 subscriber.

Di dalam vlognya Erfika menggunakan bahasa  Indonesia. Tapi tak jarang juga, ia berbicara bahasa Perancis dengan anaknya perempuannya yang berusia 3 tahun, dengan suami, dan keluarga besarnya di Perancis. Dan terdengar bahwa ia sudah mahir menggunakan bahasa asli dari negara suaminya ini. Walau begitu ia akan menjelaskannya ke dalam bahasa indonesia ya, supaya para subscribernya bisa mengerti apa yang sedang ditunjukkan di vlog nya.


Baca juga: Memilih Auto Ecole Kursus Nyetir Perancis

3. Channel YouTubenya Tentang Apa?

Video youtubenya yang pertama kali berjudul “How do you feel when you touch the snow for the first time” yang berarti Bagaimanakah perasaanmu saat kamu menyentuh salju untuk pertama kalinya,  dan diunggahnya pada tanggal 13 juli 2016. Video berdurasi 31 detik ini menunjukkan kebahagiaan Erfika berseluncur di salju dengan suami tercintanya.

Selain tentang kehidupan pribadi dengan keluarga kecilnya, wanita lulusan Universitas Sam Ratulangi Manado ini juga menawarkan thema-thema lainnya:

Pelajaran bahasa Perancis beserta tradisi-tradisi yang ada di Perancis yang dialaminya langsung, ini cocok buat Anda yang ingin mempelajari bahasa Perancis.

  • Review product-product yang dipakainya, contohnya kosmetik, tas, barang-barang elektronik, dan lain-lain.
  • Resep-resep masakan Perancis dan Indonesia, plus acara mukbang dengan suami tercinta.
  • Tak lupa tips-tips buat wanita yang ingin mencari bule, pria asing sebagai kekasih. Begitu lengkap bahkan syarat-syarat administrasi untuk menikah dengan pria Perancis juga tersedia.

 

Berkat keseriusannya mengelola channelnya, kini video-videonya  sudah mendapatkan adsense dari YouTube ya.

Salah satu videonya yang cukup viral adalah “7 Aplikasi Kencan Online dengan Bule-Pacaran dengan Bule Lewat Online Dating” yang mencapai 37.208  views

Erfika mereview beberapa aplikasi online dating yang banyak digunakan. Bagi kamu yang berniat mencari pacar bule, bisa ikuti saran-saran Madame Bordes.

Vlog  yang juga  diminati netizen  adalah “Cek Pacar Bule Serius atau Enggak – Jodoh atau Enggak Yah ”  telah mencapai 11.324  views. 

Di vlog ini ia menjelaskan tips-tips cara mengecek pacar bule itu serius atau ga. Berdasarkan pengalaman pribadi dengan suaminya kini, dan berguna untuk siapapun yang sedang menjalani hubungan dengan WNA.

Baca juga:
1.  Eva Aubry Berhasil Membuat Masker Kain Tanpa Efek Embun

2. Film Teachers Sebuah Action Comedy Indonesia yang Sarat Pesan Moral

Disamping kesuksesan, channelnya yang memiliki motto: “Ordinary woman with extraordinary life” ini, Erfika juga mengaku pernah mendapat komentar yang kurang baik dari seorang netizen, yang sempat membuatnya kesal. Seseorang mengritik , cara bicaranya, konten videnya,  dan lain-lain. Padahal saat itu masih dalam tahap merintis vlog YouTube,  jadi wajar saja. Namun Erfika tidak ambil pusing dan sekarang sudah adem.

Jika Anda ingin mengenal Erfika lebih jauh, silahkan mengunjungi YouTube channelnya Diary MADAME BORDES di link berikut ini: Diary MADAME BORDES

Akun Instagram: mme_bordes
Akun Facebook: Erfika Janifer Bordes

 

 

Baca juga: Cara Kirim Uang dari Prancis ke Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin