Tips Lulus Code de la Route, ujian teori untuk SIM Perancis

Lima Tips Memilih Auto Ecole Kursus Nyetir Perancis

SIM Perancis: Memilih auto école Sekolah Mengemudi di Perancis, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini:  

Cara memilih auto ecole sekolah mengemudi di Perancis
Source: leparisien.fr

Hai guys,  inilah tips-tips memilih auto école yang perlu kamu perhatikan. Bagi kalian yang berniat mengambil SIM Perancis? Bisa  dimulai dengan mendaftar di auto école (sekolah mengemudi). Tapi sebagai pendatang di Perancis, sebaiknya diperhatikan cara memilih auto école yang baik. Kita tahu biaya pembuatan sim di Perancis itu tidak murah ya. Berikut ini 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk memilih auto école:

 

1. Memilih auto école: Cari Tahu auto école yang Punya Taux de Reusite yang Tinggi

Memilih Auto Ecole Kursus Nyetir Perancis
Image by Tumisu from Pixabay

Apa itu taux de reussite? Itu adalah persentase kelulusan yang dihasilkan oleh sebuah sekolah mengemudi. Semakin banyak muridnya yang lulus, semakin tinggi taux de reussite-nya, artinya peluang kamu untuk lulus dan mendapat SIM juga lebih besar.

Ditambah lagi, jika gagal ujian, kesempatan mengambil ujian ke 2 itu jangka waktunya cukup dekat. Karena auto école nya memiliki jatah ujian yang cukup banyak di Prefecture setempat.

 

 

Cara mencari tahunya bagaimana ya? Cari di mesin pencari google dengan keywords : taux de reussite auto école (nama kota)
Nanti akan muncul nama-nama auto école yang bisa kamu pilih. Pilihlah yang paling baik, dengan mempertimbangkan jarak dari rumah ke auto école ya.

 

Baca juga: SIM Perancis: Tips Lulus Code de la Route.

2. Memilih auto école: Pilih yang Punya Moniteur Berpengalaman

Setelah mengetahui taux de réussite, memilih berdasarkan moniteur (pengajar) juga penting ya. Moniteur yang berpengalaman biasanya akan mengajar lebih baik, dan tahu kekurangan kita dimana. Dengan begitu bisa mengadaptasikan juga dengan muridnya.

Cara mencari tahunya, bisa mengecek langsung ke website auto école, atau  datang langsung ke auto école, untuk meminta informasi.
Bukan bermaksud menyepelekan yang muda, tapi permis itu harganya mahal, maka kita berhak untuk dapat pengajar yang siap dan berpengalaman.

3. Memilih auto école: Pilih yang Masih di Satu Kota

Setiap kota ada beberapa auto école. Setelah mengecek taux de reussite, pertimbangkan juga jaraknya dari rumah ke tempat praktek.

Setiap orang akan butuh minimal 20 jam kursus sebelum ujian, maka dipastikan akan sering datang ke auto école. Pertimbangkan juga jarak tempuh dan kemudahan transportasinya.
auto école biasanya memilih berkantor di sekitaran Lycee (SMA). Jadi dipastikan transportasi lancar.

4. Memilih auto école: Pilih yang Jenis Mobilnya Kurang Lebih Sama dengan Mobil yang Akan Dipakai

Bagi kalian yang belum pernah sama sekali menyetir mobil di Indonesia, ada baiknya jenis mobil dipertimbangkan. Jenis mobil kurang lebih sama dengan yang dipakai suami, atau mobil yg akan dibeli nantinya. Gabarit mobil yang berbeda-beda membutuhkan waktu untuk adaptasi. Jadi jika ditemukan auto école yang mobilnya sama dengan mobil di rumah, akan lebih baik lagi.

5. Memilih auto école: Minta Devis dari 2 auto école Berbeda dan Bandingkan

Memilih Auto Ecole Kursus Nyetir Perancis
Photo by Oleg Magni from Pexels

Sebelum mendaftar, kita punya hak meminta devis (perkiraan biaya). Untuk itu sudah menjadi kewajiban auto école melakukan evaluasi, untuk mengetahui kurang lebih total jam kursus yang dibutuhkan murid.

Evaluasi ini berbayar ya. Evaluasi ini bisa berupa test psycomoteurs : dimana murid diminta mengerjakan test mirip game, untuk mengetahui reflex mata dengan kecepatan jari.


Test di mesin simulateur : yaitu suatu mesin yang dibuat untuk meyerupai saat menyetir mobil. Dengan layar yang menunjukkan jalan, murid diminta untuk mengendarai mobil seolah dalam keadaan yang sebenarnya


Test di mobil bersama moniteur : test ini langsung turun ke jalan, moniteur akan menjelaskan sedikit bagaimana cara mengendarai mobil, dan sepanjang test akan di nilai, berapa jam kursus yang dibutuhkan murid. Jangan khawatir, moniteur punya pedal untuk mengendalikan mobil.

Hasil test akan menentukan berapa total jam kursus yang dibutuhkan murid. Jika murid setuju, maka akan dibuat kontrak. Jika tidak, bisa pilih auto école yang lain, dan lakukan hal yang sama, dan bandingkan mana yang lebih baik.

Itulahh beberapa tips dalam memilih sekolah mengemudi (auto école) di Perancis ya. Sekarang sudah tau bagaimana cara memilih auto école yang baik ya. Jadi tidak membuang-buang waktu. Apakah kamu punya tambahan tips dalam memilih auto école

 

Baca juga: Tips Agar Tetap Konsentrasi Selama Kursus Menyetir

One thought on “Lima Tips Memilih Auto Ecole Kursus Nyetir Perancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin