Tips Lulus Ujian Delf B2

Tips Lulus Ujian Test Bahasa Perancis Delf B2

Ujian Delf B2 adalah ujian kemahiran Berbahasa Prancis tingkat tinggi. Berikut beberapa tips lulus ujian Delf B2

 

Ujian Delf (Diplôme d’Etudes en Langue Française) adalah sebuah sertifikat bahasa yang menyatakan tingkat kemahiran berbahasa Prancis. Sertifikat ini berguna untuk menilai tingkat bahasa Prancis seseorang, jika orang tersebut bukan berasal dari negara yang menggunakan Bahasa Prancis sebagai bahasa pengantarnya. Juga digunakan untuk mengesahkan kemahiran bahasa bagi orang-orang Prancis yang tidak memiliki ijazah SMA dan/atau setingkat universitas.

Sertifikat Delf ini berlaku seumur hidup.

Delf terbagi lagi atas beberapa level: A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Delf B2 dibutuhkan sebagai syarat bagi pendatang untuk melanjutkan Pendidikan ke tingkat universitas di Perancis. Juga, B2 ini dapat dipergunakan sebagai pelengkap persyaratan proses naturalisasi, mengambil kewarganegaraan Prancis.

Jika kamu  berencana  untuk mengambil sertifikat Delf B2 ini, berikut ini beberapa tips lulus ujian Delf B2. Tips-tips ini berguna untuk kalian yang ingin belajar secara mandiri. Tips ini juga berlaku untuk semua level test bahasa Perancis, ya. 

1. Test Level Bahasa

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalukan test untuk tahu level bahasa kamu ada dimana. Ini berlaku jika sertifikat bahasa terakhir yang kamu dapatkan sudah berlalu agak lama. Banyak website di internet yang menawarkan test penempatan level bahasa Prancis dengan gratis.
Test de Placement B2

Vérifier Votre Niveau de Français

2. Point Faible et Point Fort

 

Hasil test  bahasa tersebut di atas, akan menunjukkan materi apakah yang menjadi  kelemahan dan kelebihan kamu. Yang menarik perhatian disini adalah point faible. Ketahui apakah kelemahan kamu, misalnya di konjugasi, di kosakata, dll. Maka pelajarilah tema-tema itu. Hal ini penting, untuk mempersiapkan diri melewati ujian Delf B2.

3. Buku Panduan Delf B2

Tips Lulus Ujian Test Delf B2
Tips Lulus Ujian Test Delf B2: Buku Panduan Test DELF B2

Usahakan memiliki buku panduan Delf B2, kamu bisa meminjamnya di mediatheque yang ada di kota kamu. Atau membelinya secara online.
Berikut beberapa buku persiapan Delf  B2 yang bisa dipesan online

Buku-buku ini biasanya dilengkapi dengan CD dan koreksi. Jadi sangat tepat bagi kamu yang ingin belajar sendiri.

 

4. Komunitas Belajar

Temukanlah teman atau partner yang punya objektif yang sama. Orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, lulus ujian Delf B2, akan meningkatkan produktivitas dan memotivasi lebih selama belajar. Komunitas ini bisa dengan mudah ditemukan di perpustakan terdekat. Kamu bisa saja membuat pengumuman, dengan meminta izin sebelumnya, mencari rekan belajar persiapan ujian Delf B2. Minimal dua atau tiga orang saja, sudah cukup, ya.

 

5. Pahami Format Ujian Delf B2

Penjelasan jalannnya ujian Delf B2, bisa dipelajari di website resmi Menteri Pendidikan Perancis : Website CIEP

Memahami prosesnya akan sangat berguna untuk memfamiliar-kan diri atas test-test tersebut. Jadi saat ujian yang sebenarnya, tidak terkejut lagi.

Ujian Delf B2 berlangsung selama 3,5 jam: test tertulis selama 2,5 jam dan test percapakan selama 1 jam.

Bagian I
Listening : 25  menit; score: x/25
Reading: 60  menit; score: x/25
Writing: 60 menit; score: x/25

Bagian II
Speaking preparation: 30 menit
Speaking: 25 menit; score: x/25

 

6. Pahami Sistem Penilaian

Hasil total ujian ini adalah 100. Untuk dinyatakan lulus, usahakanlah kamu memenuhi persyaratan berikut ini:
Score minimum untuk dinyatakan lulus ujian Delf adalah 50 per 100 soal.
Dapatkan score minimal 5 point dari setiap bagian-bagian ujian. 

7. Perbanyak Membaca Media Tertulis

Tips Lulus Ujian Delf B2
Tips Lulus Ujian Delf B2. Doc: Markus Spiske from Pexels

 

Bacalah koran untuk memperkaya kosakata. Koran-koran seperti  Le Monde, RFI, Courrier International, L’actualité dll. Untuk ujian setingkat B2 tentunya diharapkan kosakata yang tidak dasar lagi. Kosakata ini bisa didapatkan dari membaca surat kabar yang membahas hal-hal yang terjadi sehari-hari.

 

8.  Dengarkan Radio

Tips Lulus Ujian Delf B2
Mendengarkan radio. Doc: Cottonbro from Pexels

Perbanyak juga mendengarkan radio untuk melatih pendengaran kita. Tertutama siaran beritanya. Walaupun sulit dimengerti, sering-seringlah mendengarkan, untuk membiasakan diri dengan suara native speaker, mendengar pengucapan dan mendapatkan kosakata baru. 

 

9. Daftarkan dan Rencanakan Ujian Delf

Ujian Delf biasanya diadakan di universitas tertentu di Perancis. Dalam setahun hanya dilakukan beberapa kali. Jadi, jika kamu benar-benar serius ikut ujian Delf B2, daftarkan diri kamu beberapa bulan sebelumnya. Selama proses menanti buatkan study planning. Belajarlah minimal 1,5 jam per harinya.

 

10. Daftar Kursus Delf B2

Tips terakhir untuk mempersipakan diri melewati ujian tentu saja mendaftarkan diri di kursus Bahasa Perancis. Di sana kamu akan dibimbing oleh pengajar-pengajar yang berpengalaman.

 

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan diri lulus ujian Delf B2. Tingkat kesulitan ujian tersebut memang tinggi, maka diharapkan usaha yang maksimal juga. Namun, jika kamu lulus ujian Delf ini, sertifikat kemahiran ini diakui seumur hidup. Dibandingkan dengan test-test lainnya yang berlaku hanya untuk 2 tahun.
semoga tips-tips tersebut membantu dan bermanfaat. Bon courage pour l’examen.

Baca juga: Cara Kirim Uang dari Prancis ke Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin