Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis

Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis

Tradisi malam Tahun Baru dan malam Saint Sylvester, beginilah Orang Perancis merayakannya

Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis
Image by nck_gsl from Pixabay

Tiap negara memiliki tradisi pergantian tahun masing-masing. Memperingati tahun yang lama berlalu dan menyambut tahun yang baru disertai doa dan harapan yang baik ke depannya.
Perancis juga punya tradisi yang unik untuk memperingati pergantian tahun ini. 

1. Malam Tahun Baru & Ulang tahun Saint Sylvestre Pesta di rumah

Tanggal 31 Desember lebih di kenal dengan réveillon de Saint Sylvestre  yang berarti malam sebelum ulang tahun Saint Sylverter pada tanggal 1 Januari. Saat ini diperingati berbarengan dengan pesta makan malam, karena malam natal sudah dirayakan dengan keluarga besar, maka malam ini giliran dengan teman-teman biasanya bersama dengan teman-teman.

Pesta di rumah ini biasanya dibarengi dengan berdansa dengan berkostume yang meriah juga.

 

2. Buat Keributan yang Meriah

Keributan di sini dalam konteks positif ya. Menunjukkan kebahagian. Mendekati detik-detik pergantian tahun orang-orang akan  menghitung mundur : “ Tiga, dua, satu…. Bonne Année!” Selamat tahun baru.

Di luar akan terdengar suara klakson mobil bersahutan, mereka memanfaatkan moment ini, karena di hari lainnya klakson sembarangan dilarang bisa kena denda 135€. Jadi mumpung boleh,  dimanfaatkan.

Saat ini tiap orang bebas memasang musik keras-keras atau sekedar berteriak. Hal ini kembali lagi kepada kepercayaan  tradisi kuno, dimana pada malam pergantian tahun dipercaya dengan membunyikan suara keras-keras dapat menakuti  roh-roh jahat yang berkeliaran. Kurang lebih seperti yang dilakukan pada saat tahun baru china.

 

2.  Berkirim Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru

Sejarah berkirim surat ini dimulai dengan pada Abad Pertengahan dimana para biarawati akan mengirimkan menu kepada keluarga mereka disertai ucapan selamat di tulis tangan dengan sangat indah.

Sejak tahun 1860, pengiriman kartu ucapan menjadi umum dengan sukses besar. Dengan kartu ini kamu bisa   mengirim ucapan selamat tahun baru kepada anggota keluarga dan teman. Mengingat moment natal dan tahun baru yang berdekatan, saat ini kartu ucapan ini sering digabungkan “Joyeux Noël & Bonne Année” yang berarti “Selamat Natal dan Tahun baru”. 

 

3. Tradisi Berciuman di bawah Rangkaian Daun Mistletoe (Le Gui)  dan Daun Holly (Le Houx)

Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis
Image by Peggy Choucair from Pixabay

 

Pada moment pergantian tahun, tepatnya pada pukul  00.00 ada kepercayaan Perancis kuno yang unik. Para pasangan diminta untuk berciuman di bawah bouquet daun mistletoe. Sejumlah daun mistletoe di gantung di dinding atau di pintu, lalu sepasang kekasih atau suami istri akan berciuman di bawahnya tepat pukul 00.00.

Tradisi ini dipercaya akan membawa keberuntungan, keturunan yang banyak bagi wanita, pernikahan yang langgeng bagi pasangan dan bagi yang jomblo percaya akan menikah secepatnya.

Tapi apakah daun mistletoe ini? Mistletoe yang memiliki nama latin Viscum Album adalah tanaman parasit yang biasa menumpang di pepohonan. Daun hijau mistletoe dan holly dipercaya membawa keberuntungan bagi bangsa Celtic. Daun holly juga biasanya digunakan untuk menghias ruangan untuk natal.

 

Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis
Image by dendoktoor from Pixabay

Mistletoe dan holly memiliki buah berry yang cantik, tapi beracun, jadi yang punya anak kecil dan hewan peliharaan mesti hati-hati ya kalau membawa daun ini ke dalam rumah.

4. Menonton Pidato Harapan Presiden di TV

Acara di tv juga tidak kalah meriah akan banyak acara konser musik, acara kilas balik, kumpulan peristiwa-peristiwa penting sepanjang tahun, atau sekedar video-video lucu yang menghibur “Le Betisier”  dan  tepat pada pukul 20 malam, menurut kebiasaan  Presiden Perancis akan memberikan pidatonya kepada warganya tentang kilas balik tahun sebelumnya dan harapan yang baik di  tahun yang baru.

 

5. Menanti Kembang Api di jalan Champs-Élysées

Di malam tahun baru selalu ada ribuan orang berkumpul di sepanjang jalan Champs-Élysées menghadap pada monumen Arc de Triomphe untuk melihat kembang api yang meriah.
Sambil menunggu akan ada animasi cahaya lampu yang menarik dan lantunan musik yang semarak.

 

Menjelang detik-detik pergantian tahun, hitungan mundur disorotkan di monumen dan dengan serentak orang-orang akan mengucapkan Bonne Année sembari kembang api diluncurkan.  Moment ini sangat indah.

 

6. Rayakan di Luar Rumah

Pilihan lain selain merayakan pesta di rumah, ada beberapa pilihan bagi orang Perancis : jika mau mengocek isi kantong, bisa masuk ke club malam spesial tahun baru; atau bergabung dengan ribuan orang di sepanjang jalan di kota Paris , biasanya di sekitar Menara Eiffel, di jalan terkenal Champs-Élysées dan di  Sacré-Cœur  Montmartre. Tapi untuk kembang api hanya bisa ditemukan di Arc de Triomphe ya.

Malam ini transportasi umum banyak yang gratis agar tiap orang bisa pulang dengan selamat.

7. Tradisi “Les Etrennes” Memberi Uang Jajan dan Makan Lentils

Pada hari pertama di tahun baru ada tradisi memberikan  uang saku “Les Etrennes” sejenis THR bagi kita di Indonesia  dan permen kepada anak-anak.

 

Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis
Image by Jerzy Górecki from Pixabay

Ada juga tradisi memakan masakan dari kacang  lentis
Kacang  lentils mirip kacang hijau. Memakan   lentils ini dipercaya seseorang tidak akan kekurangan uang. Sebenarnya ini pengaruh dari tradisi orang Italia yang mengharuskan menu pertama di tahun baru adalah lentils. Dan dipercaya sepanjang tahun akan berkelimpahan.

Percaya atau tidak percaya, itulah tradisi kuno yang masih dijalankan sampai hari ini.

Inilah beberapa tradisi malam tahun baru di Perancis. Tradisi manakah yang sudah kamu alami dan manakah yang paling kamu sukai?

Selamat menyambut tahun baru semua 🙂 

4 thoughts on “Tradisi Malam Tahun Baru di Perancis

  1. Selamat Tahun Baru 2021 buat Kak Enni dan Keluarga. Kiranya tahun 2021 ini kita makin dilimpahi kesejahteraan. Amin.

    1. Selamat tahun baru juga buat kak Mila. Doa yang sama untuk kak Mila. Doa dan harapan yg terbaik di tahun yang baru. Amin.

  2. Waaah auto ijo mataku membayangkan kissing under teh mistletoe mba hihihi… kebanyakan halu
    Semoga ya.. suatu hari nanti aku diberi kesempatan ke Eropa liat salju.. amin amin ya Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin