Jangan lupa 5 Hal Ini Sebelum Menyetir Mobil, Supaya Aman dan Nyaman Berkendara

Tips Aman dan Nyaman Berkendara

Jangan lupa 5 Hal Ini Sebelum Menyetir Mobil, Supaya Aman dan Nyaman Berkendara


Hallo guys, apakah sering merasa kurang nyaman saat menyetir? Mungkin posisi kursinya belum pas.  Ini 5 lho  hal yang harus dilakukan sebelum berkendara.


1. Tentukan Rute Jalan


Supaya menyetir lebih efisien, sehari sebelumnya baiknya menentukan rute perjalanan apalagi jika jarak yang akan ditempuh cukup jauh. Selain alamat tujuan, pasti ada banyak jalan yang bisa ditempuh ke alamat tersebut.

Namun, jika kamu , luangkan waktu sebentar saja, mencari jalan yang paling cepat,  jalur untuk menghindari jalur yang biasa macet, rawan, dll.  Sekarang dengan adanya maps online yang bisa kita jadikan panduan mencari jalan alternatif, jalan yang paling cepat (bebas hambatan), jalan yang terdekat. 


2. Periksa Sekitar Mobil


Jika kamu  tinggal di lingkungan yang ramai, bagian kolong mobil  itu penting untuk diperiksa: apakah ada kucing, anak-anak yang sedang main petak umpet misalnya, dan lain lain.

Perhatikan  spion kiri,  kanan  dan tengah  bersih dan tidak rusak. Keempat ban mobil dalam keadaan baik dan tidak kempes.

Sesuaikan juga dengan cuaca, jika hujan, periksa karet pembersih kaca depan dan belakang, untuk memastikan air hujan akan disapu bersih karena sangat penting untuk bisa melihat dengan jelas di saat hujan. Penglihatan yang jelas dan tanpa gangguan adalah kunci utama menyetir aman.

 

3. Pastikan Surat-Surat  Lengkap.


Sudah jadi kewajiban ya, setiap pengendara punya surat lengkap, dari surat BPKP mobil, SIM, KTP serta surat asuransi jika ada. Jadi di tengah jalan ada razia polisi, kita tetap tenang, karena semua surat lengkap.

 


4. Atur Posisi Kursi Jok Mobil


Posisi kursi dan stir sangat menentukan kenyamanan supaya dapat melihat jalan dengan jelas. Bagaimanakah posisi yang baik? Posisi yang baik itu saat kita duduk, pandangan kita ada di tengah kaca depan (bagian supir) tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Dari jok bisa mengakses semua benda-benda di sekitar stir, bisa melihat dashboard dengan jelas, tangan bisa bergerak bebas memanipulasi stir. 

 

Cara untuk mengatur jok kursi yang pas adalah seperti berikut:
– duduk di kursi,
–  letakkan pergelangan tangan di stir, pastikan pergelangan tangan  menyentuh stir bagian atas. Jika pergelangan tangan melewati, berarti kursi terlalu maju, jika tidak menyentuh, kursi terlalu mundur. Sesuaikanlah dengan meninggikan kursi, pengaturnya ada di samping kursi. Atur juga jarak ke stir dan ke pedal, dengan menarik pengatur di bawah jok kursi. 

 

Bagaimana kita tahu apakah posisi duduk sudah tepat? Cara mengetahuinya, pastikan ujung kaki bisa menyentuh pedal dan tumit tetap berada di lantai; pastikan  pandangan mata tepat di tengah kaca depan; pastikan dari kursi kita bisa melihat spion kiri, kanan dan tengah dengan baik.

Jika semua sudah pas, seharusnya dari jok kursi, kamu dengan bebas bisa meraih semua bagian stir, bisa melihat dashbord dengan jelas tanpa halangan, bisa melihat spion kiri, spion kanan dan spion tengah dengan baik, dan bisa melihat jalan raya dengan baik. 

 


5. Pasang Sabuk Pengaman

 

Apapun bisa terjadi saat kita menyetir. Bukan tak mungkin kita perlu mengerem mendadak, untuk menghindari kecelakaan di depan kita. Untuk menghindari cidera saat mengerem mendadak, gunakan sabuk pengaman. Pastikan juga tiap penumpang memasang sabuk pengamannya. Karena dalam kecepatan cepat, dan tiba-tiba harus rem mendadak, berat badan manusia akan dikalikan 10 saat terbentur. Pastinya kamu  tidak mau orang terkasihnya cidera, bukan?  


Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu menyetir mobil. Jangan lupakan hal-hal itu ya. Apakah kamu punya tips-tips lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
awin